Sosial Media Penting Untuk Mengembangkan Bisnis Dalam Mencapai Target Penjualan

Strategi Mengembangkan Media Sosial Untuk Bisnis


Dengan  2,8 miliar  pengguna media sosial aktif, mempertahankan kehadiran aktif di jaringan ini menjadi semakin penting dalam membuat bisnis Anda berada di depan audiens ideal Anda. Akhir-akhir ini, semakin banyak konsumen mencari untuk terlibat dan terhubung dengan merek favorit mereka secara sosial - sebenarnya, penelitian menunjukkan bahwa sepertiga milenium sebenarnya  lebih memilih untuk berkomunikasi dengan merek melalui media sosial .


Mengembangkan strategi pemasaran media sosial yang kuat akan membantu meningkatkan kesadaran merek, meningkatkan pengikut, mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda dan menghasilkan prospek untuk corong penjualan Anda. Pada tahun 2017, tidak ada merek yang harus tanpa rencana yang secara aktif menempatkan bisnis mereka di media sosial.

Berikut adalah lima tip sederhana untuk membantu Anda merumuskan strategi sosial Anda agar bisa membangun kehadiran yang lebih kuat.

1. Tujuan Jelas pada Pemirsa Sasaran Anda


Mengetahui dan memahami target audiens Anda adalah prasyarat untuk strategi pemasaran digital yang bekerja. Penting untuk mengetahui siapa yang ingin Anda jangkau dalam pemasaran sehingga Anda dapat memfokuskan usaha Anda untuk terlibat dan terhubung dengan pemirsa tersebut.

Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan  mengembangkan persona pembeli . Dalam proses ini, Anda akan menjelaskan penderitaan, tantangan, dan minat pelanggan ideal Anda, yang memungkinkan Anda menyelaraskan konten Anda untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

2. Kenali Sasaran Media Sosial Anda


Setiap posting yang Anda publikasikan dan bagikan di jejaring sosial Anda harus memiliki tujuan, maksud.

Apakah Anda ingin mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda? Apakah Anda ingin meningkatkan keterlibatan (yaitu suka, berbagi, dan berkomentar)? Atau apakah Anda ingin membangun daftar prospek Anda?

Memiliki tujuan yang jelas dalam pikiran untuk setiap posting membantu Anda menyesuaikan konten Anda dengan cara yang berfokus untuk mencapainya.

3. Berbagi Konten Terlibat

Berbagi konten berharga merupakan inti strategi pemasaran inbound yang ada - dengan menawarkan saran, tip, dan keahlian yang membantu, Anda bekerja untuk memposisikan merek Anda sebagai pemimpin di bidang Anda, yang kemudian akan menarik prospek ke bisnis Anda.

Konsep yang sama ini berlaku untuk strategi pemasaran media sosial Anda - tujuannya adalah tidak hanya mempromosikan produk Anda tetapi juga untuk berbagi nilai sehingga pengikut Anda memandang merek Anda sebagai sumber terpercaya dan berharga yang dapat mereka tolak untuk mendapatkan bantuan.

Berikut adalah beberapa cara untuk membagikan konten menarik di media sosial:

Memanfaatkan video live-streaming pertunangan - Menurut Facebook, orang menghabiskan  3x lebih lama menonton video langsung dibandingkan dengan yang telah direkam sebelumnya . Ikuti siaran langsung sesi Tanya Jawab, bahas topik blog baru-baru ini, atau tonton pemirsa di balik layar di sebuah acara.

Ramp up gambar - Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa pesan-pesan media sosial yang meliputi gambar menangkap perhatian lebih dari mereka yang tidak. Gambar berkualitas tinggi yang berhubungan dengan merek Anda, meme dan GIF yang relevan, infografis, dan kutipan gambar semuanya bisa jadi konten bagus yang akan membantu meningkatkan keterlibatan dengan pesan Anda.

Tingkatkan jangkauan Anda dengan video organik  - Sebuah studi baru-baru ini oleh Quintly menunjukkan  bahwa video asli di Facebook memiliki tingkat keterlibatan 186% lebih tinggi, dan dibagikan lebih dari 1000% lebih banyak, daripada video yang ditautkan dari situs hosting lainnya. Anda dapat menggunakan video untuk berbagi konten, menjawab pertanyaan umum dan memberikan detail dan wawasan produk.

Poskan tautan ke konten blog - Media sosial dapat mengarahkan banyak lalu lintas ke konten blog. Saat mengeposkan tautan Anda, pastikan untuk menggunakan gambar yang berasal dari entri blog Anda. Dengan cara ini, saat pengguna mengeklik foto, mereka akan diarahkan ke konten blog Anda
Meskipun beberapa di antaranya mungkin cukup jelas bagi mereka yang bekerja di bidang sosial, poin data yang menyertainya menjadi pengingat nilai praktik terbaik ini. 

4. Jadilah Sosial


Tapi jangan hanya membagikan konten Anda dan berharap orang akan berinteraksi dengan bisnis Anda. Jadilah sosial - itu, bagaimanapun juga, disebut media 'sosial'.

Komentar, Suka dan bagikan konten pengikut Anda. Saat penggemar merespons konten Anda, sorot mereka di komentar. Anda juga bisa memberi tahu pelanggan dan prospek secara pribadi untuk menunjukkan penghargaan atas dukungan mereka.

Anda akan takjub melihat betapa kecilnya sentuhan pribadi ini dapat memberi Anda keunggulan bagi audiens Anda.

5. Uji hasil Anda


Saat menjalankan strategi Anda, Anda perlu menguji usaha Anda untuk memastikan apa yang Anda lakukan benar-benar bekerja, dan beresonansi dengan audiens Anda. Memanfaatkan alat pengelolaan media sosial seperti  Hootsuite  atau  Buffer  akan memberi Anda akses ke alat analisis yang memungkinkan Anda mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang saham dan konten yang menghasilkan keterlibatan paling banyak - bersamaan dengan yang tidak.

Ini adalah informasi yang tak ternilai harganya, karena Anda dapat menentukan fokus konten dan memberi audiens Anda lebih banyak tentang apa yang mereka inginkan.

Kesimpulan


Menerapkan tip sederhana ini akan membantu memandu strategi media sosial Anda ke arah yang benar, dan mengarahkan Anda lebih jauh ke arah tujuan membangun kesadaran merek, mendapatkan pengikut, meningkatkan keterlibatan, dan akhirnya, menumbuhkan prospek Anda.

Postingan Populer